REVIEW & SPESIFIKASI ASUS ROG G20AJ

Pada artikel saya yang sekarang, saya akan membahas mengenai ASUS ROG G20AJ. Siapa menyangka jika sistem gaming desktop menjadi komoditi menggiurkan belakangan ini. Walaupun perangkat notebook/laptop gaming juga tengah naik daun, sistem gaming desktop tetap memiliki peminat tersendiri. Rasio performa dan harga jauh lebih baik dibandingkan perangkat notebook/laptop gaming merupakan salah satu alasan kuat sistem gaming desktop tetap ramai dilirik. Tidak hanya itu, sistem gaming desktop juga menawarkan kebebasan kostumisasi hardware sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, selera, ataupun dana yang dimiliki. Sesuatu yang sulit ditawarkan oleh perangkat notebook/laptop gaming.
Saat ini sistem gaming desktop dapat diwujudkan dengan dua cara dimana cara pertama adalah membeli satu per satu hardware yang dibutuhkan, kemudian merakitnya. Cara seperti itu memiliki keunggulan dimana pengguna dapat menentukan secara spesifik hardware yang diinginkan tetapi kurang cocok untuk pengguna awam yang “buta” pengetahuan tentang hardware. Sementara itu cara kedua adalah dengan membeli sistem gaming desktop dalam bentuk jadi dari produsen tertentu. Meskipun pemilihan setiap komponen menjadi tidak dapat dikontrol, pengguna awam bukan tidak mungkin akan menyukai cara seperti itu. Mereka langsung mendapatkan sebuah sistem gaming desktop dalam keadaan utuh yang sudah dijamin mampu melaksanakan tugas sebagaimana mestinya oleh produsen.

ROG G20AJ

Seiring perkembangan teknologi, sistem gaming desktop dalam bentuk jadi tidak hanya menawarkan performa dan fungsionalitas lebih baik. Sejumlah produsen bahkan mencoba untuk menghadirkan sistem gaming desktop dengan ukuran seramping mungkin tanpa harus mengorbankan kemampuan. ASUS ROG G20AJ merupakan salah satu sistem gaming desktop dengan kriteria seperti saya sebutkan sebelumnya. Tidak hanya ditenagai prosesor dan graphics card generasi tercanggih saat ini, ASUS memadukannya dengan sebuah casing dengan desain khusus sehingga sistem gaming desktop tersebut sangat irit ruang saat ditempatkan dimanapun. Seperti apakah kemampuan dan fitur unggulan yang ditawarkan? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi ASUS ROG G20AJ

Processor Core i7 4790 (Base 3,6 GHz/Turbo Boost 4 GHz)
Motherboard Intel H97 Chipset-based
Memory 12 GB @1600 MHz (Dual Channel)
Graphics IGP: Intel HD Graphics 4600
Discrete: GeForce GTX 760 2GB GDDR5
Storage 1000 GB HDD + 64 GB SSD
Wireless 802.11a/b/g/n/ac & Bluetooth V4.0
USB 2.0/1.1 4 (Rear)
USB 3.0/2.0 2 (Rear) + 2 (Front)
eSATA/USB Combo 0
Display Port 1 (GTX 760)
HDMI 1 (Motherboard) + 1 (GTX 760)
DVI 2 (GTX 760)
D-Sub 0
Ethernet/RJ-45 1
Audio In/Out Headphone & Microphone (Front)
7.1-channel (Rear)
Optical Drive DVD Writer
Operating System Windows 8.1
Dimensions (mm) 104 x 358 x 340 (Width x Depth x Height)
Weight (gram) 6380

ASUS ROG G20AJ ditenagai prosesor Intel Core i7 generasi empat berbasiskan arsitektur CPU Haswell Refresh dan graphics card NVIDIA berbasiskan arsitektur GPU Kepler. Untuk model CPU, sistem gaming tersebut menggunakan prosesor Intel Core i7 4790 (non-K). Prosesor tersebut merupakan tipe quad-core dan dilengkapi teknologi Hyper-Threading sehingga mampu mengerjakan delapan proses komputasi sekaligus dalam sekali jalan. Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 3,6 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 4 GHz berkat teknologi Turbo Boost 2.0. Tentu saja Turbo Boost clock speeed tersebut dapat dicapai pada saat sejumlah kondisi terpenuhi seperti temperatur, penggunaan daya, beserta jumlah penggunaan thread. ASUS ROG G20AJ juga memiliki pilihan lain untuk model prosesor yaitu Core i3 4150 dan Core i5 4460. Motherboard berbasiskan chipset Intel H97 menjadi pilihan ASUS untuk mengisi sistem gaming tersebut. Mengingat ASUS ROG G20AJ menggunakan prosesor dengan multiplier dikunci, pemilihan chipset untuk motherboard tersebut memang sangat tepat.

ASUS ROG G20AJ memiliki kapasitas memori tergolong unik yaitu 12 GB. ASUS menggunakan keping memori DDR3 dengan kapasitas 4 GB dan 8 GB. Memori tersebut bekerja pada kecepatan 1600 MHz dengan konfigurasi dual channel.Sementara itu untuk komponen penyimpanan data, unit ASUS ROG G20AJdilengkapi sebuah HDD 1 TB dan SSD 64 GB.

Kelebihan :ROG G20 tersedia dalam konfigurasi pabrik yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk kebutuhan perangkat simpan SSD. Dengan teknologi media simpan ini akses data ROG G20 bisa ditingkatkan sehingga sistem menjadi lebih responsif dan cepat. SSD juga lebih andal dan punya umur pakai lebih panjang dibanding hard disk mekanik.

Kekurangan : ASUS menggunakan HDD sebagai tempat sistem operasi sehingga responsivitas sistem terasa kurang maksimal. Sedangkan untuk SSD digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Akan lebih baik jika ASUS menggunakan SSD sebagai tempat sistem operasi dan HDD sebagai tempat penyimpanan data sehingga performa dan responsivitas sistem lebih maksimal, terlebih mengingat ASUS ROG G20AJ merupakan sistem gaming. Itulah spesifikasi tentang ASUS ROG G20AJ yang bisa saya berikan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di Blog selanjutnya:)

Kesimpulan :

Jadi seiring perkembangan teknologi, komputer pun mengikuti perkembangan sesuai dengan apa yang di butuhkan manusia baik dari segi pekerjaan maupun hal lainnya seperti hobi. perkembangan teknologi komputer akan terus berkembang seiring zaman.

Dosen pengampu:

DJ Anderson Butarbutar,S.E.,S.Kom.,M.M.

Sumber :https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG_G20AJ/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s